• Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Kampus Baranangsiang, Bogor 16127

PROFIL FLORA DAN FAUNA TAMAN KEANEKARAGAMAN HAYATI “ECO PARK” PATRA SEROJA

FAUNA

PROFIL FLORA DAN FAUNA TAMAN KEANEKARAGAMAN HAYATI “ECO PARK” PATRA SEROJA

KATA PENGANTAR

Kawasan taman keanekaragaman yahati (kehati) “Eco park” patra seroja merupakan kawasan hutan kota yang berada didalam kawasan pertamina RU II Dumai.keberadaan taman kehati ini sebagai upaya pelestarian lingkungan disekitar kawasan perusaan khususnya pelestarian flora dan fauna eksisting sebagai wujud komitmen PT pertamina RU II Dumai terhadap pelestarian lingkungan.

Flora dan fauna yang terdapat di dalam taman kehati ini cukup beragam yang mencirikan plasma nutfah pada hutan tropis sumatera yang memiliki keanekaragaman jenis yang cukup berlimpah. Beberapa jenis flora eksisting yang ditemukan dikawasan hutan,seperti: Mahang, Renghas, Pakis hutan, Liana, Rotan, dan kantong semar.Sedangkan fauna eksisting yang ditemukan, seperti: Kura-kura Rawa, Burung Kucica Hijau, Burung Cucak Hutan, Laman, Lutung, Burung Sri Gunting dan Burung Punai.

Buku Profil Flora dan Fauna ini dibuat atas kerjasama PT pertamina RU II Dumai dan pusat kajian sumberdaya pesisir dan lautan-institut pertanian bogor,sebagai dari kegiatan monitoring dan evaluasi perkembangan keanekaragaman hayati yang di lakukan secara rutin setiap tahun, khusus pada buku ini menyajikan profil flora dan fauna yg di temukan dan atau teridentifikasi di kawasan taman kehati sampai dengan tahun 2019.

Semoga buku ini dapat bermanfaat baik bagi internal PT pertamina RU II Dumai dalam upaya pelestarian lingkungan maupun bagi masyarakat yang memiliki komitmen dalam upaya untuk pelestarian lingkungan khususnya masyarakat kota Dumai

Bogor, Januari 2020                                                                                                   

 

Tim Penyusun