header-int

Visi, Misi dan Tujuan

Posted by : Administrator
Share

V I S I

Visi PKSPL   LPPM   IPB   adalah menjadikan PKSPL suatu lembaga dengan kemampuan, peran dan komitmen yang kuat dalam rangka mengembangkan pemanfaatan dan penguasaan wilayah pesisir dan lautan berbasis keberlanjutan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.  Berdasarkan visi ini, maka seluruh staf dan manajemen berkeyakinan bahwa PKSPL LPPM IPB dapat menjadi lembaga pengkajian yang berkualitas, profesional, tangguh, bertanggung jawab dan berorientasi pada pembangunan yang berkelanjutan serta senantiasa mencari dan memberi yang terbaik bagi pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan wilayah pesisir dan lautan maupun dirinya sendiri.  PKSPL LPPM IPB akan menjadi lembaga pembentuk model (trend setter) dan pusat unggulan dalam pengembangan pengkajian pembangunan wilayah pesisir dan lautan yang bermutu dan bertaraf internasional.  Hal ini sejalan dengan visi PKSPL LPPM IPB.

Visi PKSPL LPPM IPB tersebut di atas akan menjadi sumber inspirasi yang berkembang di PKSPL LPPM IPB dalam melakukan perbaikan-perbaikan mulai dari pengembangan organisasi, sumberdaya manusia (SDM), prasarana dan sarana, program penelitian dan pelatihan serta pemberdayaan masyarakat.  Sebagai bahan masukan yang berharga bagi perbaikan-perbaikan tersebut, PKSPL LPPM IPB secara berkala melakukan evaluasi diri.

M I S I

Misi PKSPL LPPM IPB adalah:

  1. Pengembangan ilmu dan teknologi dalam konteks pengembangan dan pengelolaan wilayah pesisir dan lautan.
  2. Penerapan pengelolaan wilayah pesisir dan lautan secara terpadu berbasis prinsip-prinsip pengembangan berkelanjutan.
  3. Pengembangan kapasitas komunitas pesisir termasuk pemerintahan, masyarakat dan sektor swasta.

Misi PKSPL LPPM IPB tersebut dapat dirumuskan dalam beberapa pernyataan sebagai berikut:

  • PKSPL LPPM IPB merupakan salah satu lembaga penyelenggara program-program pengkajian di bidang pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan yang berkualitas, profesional, tangguh dan bertanggung jawab.
  • PKSPL LPPM IPB senantiasa berorientasi pada mutu dan secara berkelanjutan mengembangkan diri.
  • PKSPL LPPM IPB secara berkesinambungan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan secara berkelanjutan untuk kesejahteraan bangsa secara keseluruhan.
  • PKSPL LPPM IPB mengembangkan konsep-konsep kebijakan dalam bidang pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan, serta mensosialisasikan hasil pengembangan konsep tersebut.
  • PKSPL LPPM IPB mengembangkan dan melaksanakan berbagai kegiatan penunjang penelitian dan pelatihan, yaitu kegiatan pemberdayaan kelembagaan, swasta dan masyarakat pesisir.

TUJUAN

Berdasarkan visi dan misi   PKSPL LPPM IPB yang telah dirumuskan, maka tujuan PKSPL LPPM IPB adalah untuk:

  1. Merancang, mengembangkan, mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan serta pengembangan kelembagaan maupun masyarakat pesisir yang sejahtera.
  2. Mengembangkan peran PKSPL LPPM IPB dalam mengkaji kebijakan, strategi, dan program pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan yang optimal dan berkelanjutan.
  3. Mengembangkan lembaga riset yang menjadi rujukan terpercaya di bidang pengelolaan pesisir dan lautan di Indonesia dan internasional.

SASARAN

Sasaran program kerja PKSPL LPPM IPB adalah:

  1. Menggali, mengembangkan dan memberdayakan sumberdaya pengetahuan (knowledge capital) melalui penguatan organisasi, pengelolaan penelitian dan pengembangan, serta pemberdayaan masyarakat.
  2. Meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia PKSPL LPPM IPB untuk menunjang profesionalisme kegiatan penelitian dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Menjalankan pengelolaan sumberdaya finansial (financial capital) melalui pelaksanaan manajemen keuangan, fasilitas, dan infrastruktur secara profesional untuk pembangkitan pendapatan yang bermanfaat bagi kegiatan penelitian dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Memanfaatkan teknologi sumberdaya informasi (information capital technology) dalam menjalankan kegiatan penelitian dan pemberdayaan masyarakat yang efisien dan efektif.

STRATEGI

Dalam rangka mewujudkan   visi, misi dan tujuan PKSPL LPPM IPB, maka perlu menerapkan strategi yang efektif dan efisien, yaitu:

  1. Menciptakan dan mengembang-kan paket teknologi dan model pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan sebagai salah satu kontribusi lembaga bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  2. Menghasilkan kajian kebijakan yang dapat menjadi pedoman implementasi bagi para perencana dan pengambil keputusan, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.
  3. Mengembangkan kegiatan pelatihan dan mendukung program pendidikan lanjutan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumberdaya manusia.
  4. Mengembangkan diri sebagai pusat unggulan melalui disseminasi hasil karya lembaga serta menciptakan jaringan dan peluang kerjasama.
Melaksanakan kegiatan secara optimal agar mampu memberikan income generating (pendapatan) sebagai salah satu bentuk kemandirian dan keprofesionalan lembaga

 

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2017 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube