Visi dan Misi

| Rabu, 03 Februari 2016 - 15:11:56 WIB | dibaca: 2083 pembaca

 

VISI

Menjadikan PKSPL suatu lembaga dengan kemampuan, peran dan komitmen yang kuat dalam rangka mengembangkan pemanfaatan dan penguasaan wilayah pesisir dan lautan berbasis keberlanjutan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Berdasarkan visi ini, maka seluruh staf dan manajemen berkeyakinan bahwa PKSPL LPPM IPB dapat menjadi lembaga pengkajian yang berkualitas, profesional, tangguh, bertanggung jawab dan berorientasi pada pembangunan yang berkelanjutan serta senantiasa mencari dan memberi yang terbaik bagi pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan wilayah pesisir dan lautan maupun dirinya sendiri. PKSPL LPPM IPB akan menjadi lembaga pembentuk model (trend setter) dan pusat unggulan dalam pengembangan pengkajian pembangunan wilayah pesisir dan lautan yang bermutu dan bertaraf internasional. Hal ini sejalan dengan visi PKSPL LPPM IPB.

Visi PKSPL LPPM IPB tersebut di atas akan menjadi sumber inspirasi yang berkembang di PKSPL LPPM IPB dalam melakukan perbaikan-perbaikan mulai dari pengembangan organisasi, sumberdaya manusia (SDM), prasarana dan sarana, program-program penelitian dan pelatihan serta pemberdayaan masyarakat. Sebagai bahan masukan yang berharga bagi perbaikan-perbaikan tersebut, PKSPL LPPM IPB secara berkala melakukan evaluasi diri.


MISI
  1. Pengembangan ilmu dan teknologi dalam konteks pengembangan dan pengelolaan wilayah pesisir dan lautan.
  2. Penerapan pengelolaan wilayah pesisir dan lautan secara terpadu berbasis prinsip-prinsip pengembangan berkelanjutan.
  3. Pengembangan kapasitas komunitas pesisir termasuk pemerintahan, masyarakat dan sektor swasta.
Misi PKSPL LPPM IPB tersebut dapat dirumuskan dalam beberapa pernyataan sebagai berikut :
  1. PKSPL LPPM IPB merupakan salah satu lembaga penyelenggara program-program pengkajian di bidang pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan yang berkualitas, profesional, tangguh dan bertanggung jawab.
  2. PKSPL LPPM IPB senantiasa berorientasi pada mutu dan secara berkelanjutan mengembangkan diri.
  3. PKSPL LPPM IPB secara berkesinambungan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan secara berkelanjutan untuk kesejahteraan bangsa secara keseluruhan.
  4. PKSPL LPPM IPB mengembangkan konsep-konsep kebijakan dalam bidang pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan, serta mensosialisasikan hasil pengembangan konsep tersebut.
  5. PKSPL LPPM IPB mengembangkan dan melaksanakan berbagai kegiatan penunjang penelitian dan pelatihan, yaitu kegiatan pemberdayaan kelembagaan, swasta dan masyarakat pesisir.