header-int

PKSPL-IPB dan Proyek CCRES (Capturing Coral Reef & Related Ecosystem Services)

Kamis, 07 Feb 2019, 07:46:40 WIB - 416 View
Share
PKSPL-IPB dan Proyek CCRES (Capturing Coral Reef & Related Ecosystem Services)

CCRES merupakan suatu proyek penelitian yang mengkaji sumberdaya pesisir di wilayah Asia-Pasifik timur, didalam rangka meningkatkan mata pencaharian dan ketahanan pangan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan mempertahankan ekosistem pesisir di wilayah tersebut. Kegiatan proyek CCRES dilaksanakan di P. Selayar, Kabupaten Kep. Selayar, Sulawesi Selatan dan El-Nido, Filipina pada tahun 2014 hingga 2018. PKSPL-IPB merupakan mitra aktif CCRES di Indonesia, bersama dengan Tim Peneliti dari University of Queensland, tergabung didalam Komponen 2 CCRES yang bertujuan untuk memberikan kajian ekonomi lokal yang kuat yang memanfaatkan dan menjaga jasa ekosistem pesisir dan laut.

Bagian Komponen 2 CCRES yang menjadi fokus kajian antara PKSPL-IPB dan University of Queensland adalah analisis dan pemodelan sistem pemanfaatan sumberdaya pesisir di P. Selayar. Kajian yang dilakukan bertujuan untuk memahami bagaimana masyarakat saat ini memanfaatkan dan berinteraksi dengan jasa ekosistem, dan bagaimana interaksi ini, bersama dengan faktor-faktor eksternal, menimbulkan permasalahan saat ini, seperti degradasi sumber daya, konflik penggunaan sumber daya, terbatasnya mata pencaharian bagi masyarakat lokal.

Terdapat 3 perangkat (tools) dari Analisis Sistem yang merupakan hasil kajian dari kegiatan tersebut, yaitu:

1) SESAMME
Suatu aplikasi (aplikasi) untuk iPhone Apple, iPad, ponsel dan tablet Android, PC Windows dan komputer Apple Mac. SESAMME adalah singkatan dari Socio-Ecological App for Mental Model Elicitation

2) Model Simulasi Sistem
Merupakan suatu model dan simulasi pesisir dan laut yang menggunakan perangkat lunak pemodelan Stock and Flow (Stella Architect)

3) SYSTORY
Suatu aplikasi (aplikasi) untuk iPhone Apple, iPad, ponsel dan tablet Android, PC Windows dan komputer Apple Mac yang bertujuan untuk memahami dan memvisualisasikan dinamika sistem pesisir dan menilai alternatif skenario terhadap sistem dari waktu ke waktu.

PKSPL-IPB memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pihak-pihak yang akan memanfaatkan tools dari CCRES tersebut, terutama didalam kajian kebijakan terhadap sumberdaya pesisir dan laut. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi PKSPL-IPB melalui e-mail: sekretariat@pksplipb.or.id.

Materi (Informasi dan Panduan) terkait dengan System Analysis of CCRES dapat diunduh pada link berikut.

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2019 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube