header-int

PKSPL IPB University Bersama Kemenhub: Optimis mewujudkan Poros Maritim Dunia

Senin, 30 Mei 2022, 17:33:54 WIB - 132 View
Share
PKSPL IPB University Bersama Kemenhub: Optimis mewujudkan Poros Maritim Dunia

Melalui Pendidikan dan Pelatihan Ahli Kepelabuhanan angkatan 38 yang dimulai pada hari ini, Senin 30 Mei 2022 secara (luring). Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan IPB (PKSPL IPB) University bersama dengan Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI terus lakukan akselerasi pembangunan SDM di bidang Kepelabuhanan.

Kepala PKSPL IPB University dalam pidato sambutan pembukaan Diklat, Dr. Yonvitner, M.Si menyampaikan pentingnya penguatan literasi pemahaman dibidang maritim, dari hal tersebut PKSPL IPB terus mendorong peningkatan SDM melalui pelatihan. Sehingga terjadi eskalasi pembangunan Maritim Indonesia. Hal itu merupakan bagian dari tanggung jawab PKSPL IPB University dalam mengimplementasikan mandat IPB yaitu bidang Kelautan kerangka Agromaritim IPB. Hingga kini, PKSPL IPB University telah menghasilkan lebih dari 1.350 orang ahli yang tersertifikasi bidang kepelabuhanan dan tersebar ke seluruh penjuru negeri. Untuk itu kami tidak akan berhenti disini, sebab memajukan SDM kepalabuhanan merupakan bagian dari tugas dan amanah yang harus kita jalankan setiap waktu. Harapan kami pasca dilangsungkannya Diklat, para peserta dapat menelurkan informasi dan ilmu yang didapat agar terjadi transformasi SDM di lingkungan kepelabuhanan.

SDM pelabuhan harus adaptif dalam merespon percepatan kemajuan agar tidak memperlebar gab process, sistem, layanan, regulasi, sehingga pelabuhan menjadi lebih efektif dan efisien dalam menata dan mengelola pelabuhan. Penguasaan jaringan laut, konektifitas, efisiensi layanan menjadi kunci untuk membangkitkan optimisme ekonomi kita di masa depan.

v Dengan menurunnya kondisi pandemi saat ini, Kami menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan Ahli Kepelabuhanan Angkatan 38 yang dilakukan secara luring. Sehingga transfer ilmu dan pengalaman dari seluruh narasumber dapat diberikan dengan lebih maksimal. Pungkasnya, Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI yang diwakili oleh Kasubag Rencana dan Pengembangan Pegawai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi terbangunnya sumberdaya manusia transportasi laut yang berkualitas khususnya dalam bidang kepelabuhanan demi terselenggaranya sistem kepelabuhanan yang handal, berdaya saing serta mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan zaman.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa elemen sumberdaya manusia menjadi hal terpenting dalam mengimplementasikan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan poros maritim serta transformasi di bidang kepelabuhanan. ~RAR dan NAD~

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2022 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube