header-int

PKSPL IPB (22 tahun) Mengabdi untuk Bangsa

Jumat, 24 Agu 2018, 09:01:40 WIB - 100 View
Share
PKSPL IPB (22 tahun) Mengabdi untuk Bangsa

Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL)Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tanggal 21 Agustus lalu tepat menginjak usia 22 tahun. Suatu usia yang cukup panjang bagi sebuah pusat penelitian di lembaga pendidikan sekaligus juga usia yang membuat PKSPL IPB semakin matang karena ditempa berbagai tantangan dan hambatan sejak awal berdirinya. Hingga saat ini PKSPL masih kokoh berdiri sebagai salah satu pusat studi yang disegani di IPB maupun di lembaga pemerintah maupun swasta di Indonesia.

Perjalanan PKSPL IPB mengalami beberapa fase penting dalam era pengelolaannya. Pada awal berdirinya, PKSPL IPB berfokus pada pengadaan sumberdaya manusia dan keahlian di bidang pengembangan pesisir dan laut, tahap berikutnya fokus pengembangan dan penguatan organisasi. Hingga saat ini PKSPL IPB memiliki 7 CoE yang menjadi pilar bidang kegiatan yang dikembangkan. Disaat yang sama penguatan organisasi terus dilakukan hingga dicapainya ISO 9001 2015 pada tahun 2017.

“Segala pencapaian ini tidak boleh membuat kita terlena, justru menjadi semangat untuk semakin berkembang baik secara individual maupun organisasi harus semakin ditingkatkan. Dengan terus menjaga kerja keras, pemikiran yang kreatif dan inovatif serta daya saing, PKSPL akan terus berusaha menjadi pusat studi yang memberikan peran besar bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pengelolaan pesisir dan lautan di Indonesia,” ujar Kepala PKSPL IPB, Dr. Ario Damar. Selain itu Dr. Ario juga menyampaikan bahwa keberadaan PKSPL IPB yang kuat saat ini berkat pondasi yang kuat yang berhasil dibangun oleh pendiri PKSPL IPB sehingga dapat diteruskan sampai saat ini.

Perayaan ulang tahun ke-22 PKSPL dihadiri oleh Rektor IPB, Dr. Arif Satria. Dalam sambutannya, Rektor IPB mengatakan bahwa PKSPL IPB telah menjadi pusat penelitan yang unggul dan menjadi Center of Excellent di bidang pesisir dan lautan. PKSPL IPB diharapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap penelitian-penelitan di bidang tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, menjalin kerjasama dengan Coastal and Ocean Management Institut (COMI), Xiamen University China tentang pengembangan sumberdaya manusia untuk bidang pesisir dan kelautan. Salah satu penasihat utama PKSPL IPB, Prof. Dr. Tridoyo Kusumastanto berharap apa yang sudah dirintis saat ini dapat dipertahankan dan dikembangkan untuk peningkatan pengetahuan dan teknologi di bidang pesisir dan laut.

“Mari kita wujudkan rasa syukur kita dalam menyambut usia ke-22 tahun PKSPL IPB dengan bekerja dengan efektif, cerdas dan ikhlas untuk kebangkitan dan kejayaan lembaga yang kita cintai ini,” imbuh Dr. Ario. (**/Zul)

Sumber : IPB Today

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2018 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube