header-int

Perkembangan Program Perlindungan Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) di Lokasi Kawasan Wisata Air

Senin, 23 Sep 2019, 10:34:40 WIB - 79 View
Share
Perkembangan Program Perlindungan Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) di Lokasi Kawasan Wisata Air

Menyelamatkan keanekaragaman hayati (Biodiversity) khususnya di ekosistem hutan berarti mengambil langkah untuk melindungi gen, spesies, habitat atau ekosistem. Oleh sebab itu menyelamatkan keanekaragaman hayati berarti pula mencegah merosotnya ekosistem alam yang utama dan mengelola serta melindunginya secara efektif. Disadari atau tidak bahwa keanekaragaman hayati (flora, fauna, jasad renik/mikroorganisme) adalah pusat dari semua sektor yang penting bagi kehidupan manusia (bioprospecting).

Salah satu bentuk perwujudan tanggungjawab perusahaan adalah keberpihakan dan keterlibatan perusahaan dalam upaya perlindungan lingkungan termasuk di dalamnya perlindungan dan pelestarian keanekaragaman hayati baik in situ maupun ex situ. Orientasi tanggung jawab korporasi/perusahaan berkembang mencakup tanggung jawab lingkungan dan sosial (environment and social responsilibility). Hal ini menjadikan faktor lingkungan dan biodiversity saat ini juga dimasukkan dalam proses penentuan tujuan perusahaan, dan menjadi standar penilaian terhadap performa perusahaan.

Sebagai bentuk nyata perwujudan dari keberpihakan dan keterlibatan perusahaan dalam upaya perlindungan dan pelestarian keanekaragaman hayati, maka Program Pembuatan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) di Kawasan Wisata Air Terjun Bedegung Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumsel dilaksanakan. Program tersebut merupakan implementasi dari Rencana Strategis Pengelolaan Keanekaragaman Hayati yang telah disusun sebelumnya oleh PT. PGN (Persero) Tbk.

Klk to download

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2019 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube