header-int

Penelitian Evaluasi Tingkat Eutrofikasi Teluk Jakarta

Rabu, 09 Agu 2017, 11:20:10 WIB - 46 View
Share
Penelitian Evaluasi Tingkat Eutrofikasi Teluk Jakarta

PKSPL-IPB, 9 Agustus 2017 - Tim peneliti dari PKSPL-IPB beberapa minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 15 Juli 2017 melakukan kegiatan Riset Evaluasi Tingkat Eutrofikasi Teluk Jakarta dengan mengambil tema "Korelasi antara Beban Masukan Nutrien dengan Sistem Ekologi Fitoplankton". Lokasi kegiatan penelitian tersebut dilakukan di beberapa tempat, yaitu di 1) Muara sungai Muara Angke, 2) Muara kali Ciliwung Tanjung Priok dan 3) Muara kali Marunda, di Perairan Teluk Jakarta.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk:

1) Mempelajari variabilitas temporal (musim kehujan dan kemarau) dan spasial (antar lokasi di dalam teluk) dan besarannya dalam hal kandungan unsur hara (N, P dan Si) di perairan Teluk Jakarta.

2) Mempelajari variabilitas temporal (musim kehujan dan kemarau) dan spasial (antar lokasi di dalam teluk) kandungan biomasa fitoplankton di perairan Teluk Jakarta.

3) Mempelajari hubungan antara kandungan unsur hara dan komunitas fitoplankton di perairan Teluk Jakarta.

4) Mempelajari variabilitas temporal dan spasial rasio N/P dan N/Si, keberadaan cahaya di kolom air dan stagnasi kolom air di perairan Teluk Jakarta, yang terkait dengan perbedaan musim (musim hujan dan kemarau).

Kegiatan survey yang dilakukan tim peneliti PKSPL-IPB dalam penelitian ini mencakup:

1) Sebagian besar siklus variabilitas musim, yaitu mencakup musim monsoon peralihan I, timur 1, timur 2 dan peralihan II. Kegiatan survey I ini merupakan perwakilan dari musim peralihan I.

2) Pengukuran insitu parameter fisika (kecerahan dan suhu) di setiap stasiun pengambilan contoh.

3) Pengukuran insitu parameter kimia (pH, salinitas, Oksigen terlarut/DO) di setiap stasiun pengambilan contoh.

4) Pengambilan sampel air untuk pengukuran parameter kimia nutrien (ammonia, nitrat, nitrit, fosfat dan silikat) di setiap stasiun pengambilan contoh, dan

5) Pengambilan sampel air untuk pengukuran parameter biologi di setiap stasiun pengambilan contoh

Kegiatan pengambilan sampel air tersebut selanjutnya akan dianalisis jenis, kelimpahan dan biomassa fitoplankton (klorofil-a) di Laboraorium Produktivitas Lingkungan Departemen MSP FPIK IPB (BYR).

 

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2017 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube