header-int

Pelatihan Valuasi Ekonomi untuk peningkatan kompetensi SDM valuator Ekosistem Pesisir dan Laut

Kamis, 25 Nov 2021, 11:01:29 WIB - 23 View
Share
Pelatihan Valuasi Ekonomi untuk peningkatan kompetensi SDM valuator Ekosistem Pesisir dan Laut

PKSPL IPB pada tanggal 22 November 2021 menyelengarakan kegiatan Training on Coastal and Marine Ecosystem Services Valuation (CoMES VAL) untuk mengisi kekosongan Sumberdaya SDM penilai jasa ekosistem pesisir dan lautan di Indonesia. Dalam sambutan pada acara pembukaan training tersebut, Kepala PKSPL IPB University Dr. Yonvitner menyampaikan beberapa hal penting terkait pentingnya training ini. yaitu terkait dengan isu perubahan iklim (climate change) yang diperkirakan akan semakin massif dimasa mendatang, sehingga perlu antisipasi manajemen resiko yang tepat sasaran. Pengelolaan resiko-resiko yang ditimbulkan oleh perubahan iklim memerlukan sejumlah baseline data yang akurat sehingga aksi pengelolaan resiko atas perubahan iklim dapat tetap sasaran. Oleh karena itu penilaian jasa ekosistem sebagai basline data yang akurat akan sangat penting bagi pembangunan Indonesia kedepan. Dengan demikian diperlukan SDM yang berkompeten untuk melakukan penilaian jasa ekosistem khususnya di bidang pesisir dan lautan di Indonesia.

Training CoMES VAL yang dilaksanakan oleh PKSPL IPB memiliki beberapa tingkatan, dan saat ini yang dilakukan adalah tingkat 1 (basic). CoMES VAL merupakan sebuah cara untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut: 1) mengsetimasi asset wilayah pesisir dan pulau pulau kecil (WP3K) dan Coastal Ecosystem Services (CMES), 2) menghitung ganti rugi kerusakan CMES, 3) mengestimasi CMES inclusive revenues, 4) Payment for Ecosystem Services, 5) Valuasi Ecological Fiscal Tranfers (EFT) dan 6) untuk penyusunan ocean account.

Training kali ini diikuti oleh akademisi (dosen dan mahasiswa dalam dan luar negeri), pemanggku kepentingan pemerintah pusat seperti Kementerian Kelautan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan sejumlah pemangku kepentingan di tingkat pemerintah daerah serta NGO.

Pada training CoMES VAL yang diselengarakan selama 4 hari ini, mengahadirkan para instruktur yang berpengalaman dalam melakukan aktivitas penilaian jasa ekosistem seperti Dr. Ario Damar, Dr. Luky Adrianto, Dr. Yudi Wahyudin, Dr. Eva Anggraini, Dr. Benny Osta Nababan, Dr. Ferry Kurnaiwan serta para peneliti muda PKSPL IPB seperti Sdr Andan Hamdani, dan Osmaleli, yang akan sharing ilmu dan pengalaman dalam melakukan valuasi jasa ekosistem . pada training ini para peserta tidak saja diberikan teori namun juga akan langsung melakukan simulasi/praktik studi kasus dalam melakukan penilaian jasa ekosistem dengan beberapa metode yang ada.

Dengan adanya training ini PKSPL IPB berharap pembangunan dan pengelolaan wilayah pesisir, pulau-pulai kecil dan lautan dapat berkelanjutan sehingga mendukung agen tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals-SDG), khusunya SDG-14.

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2021 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube