header-int

Pelatihan Valuasi Ekonomi Jasa Ekosistem Pesisir dan Laut

Jumat, 12 Nov 2021, 13:32:59 WIB - 38 View
Share
Pelatihan Valuasi Ekonomi Jasa Ekosistem Pesisir dan Laut

Aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat pesisir akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem begitu juga dengan kualitas sumber daya dan lingkungan. Kerusakan yang timbul dari aktivitas tersebut dapat diminimalisir dan juga dapat dihitung sebagai strategi untuk pencegahan. Perhitungan kerusakan yang terjadi berdasarkan data presisi meliputi nilai sumber daya alam dan nilai kerusakan, sehingga dalam pelaksanaan pengambilan kebijakan dapat memutuskan dengan baik dan terukur terhadap nilai yang harus dipertanggungjawabkan dalam memajukan keterkaitan antara konservasi sumber daya alam dan pembangunan ekonomi. Oleh karena itu valuasi ekonomi dapat digunakan sebagai alat meningkatan apresiasi dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

Urgensi melakukan valuasi ekonomi antara lain :

  1. Kesadaran (awarness) bagi masyarakat dan pengambil kebijakan bahwa sumberdaya pesisir dan laut memiliki nilai yang harus diperhitungkan bukan saja nilai yang terlihat secara visual namun juga nilai intrinsik yang melekat pada sumberdaya alam tersebut.
  2. Baseline data kerugian akibat kerusakan.
  3. Sumberdaya alam pesisir dan laut merupakan asset atau kekayaan negara bukan hanya lahan didaratan.
  4. Sebagai pengambil kebijakan pusat dan daerah perlu melihat kondisi sumberdaya terkini dibanding masa lalu.

Sasaran peserta Pelatihan Valuasi Ekonomi Jasa Ekosistem Pesisir dan Laut pada tahap level 1 ini yaitu pemerintah, NGO, perusahaan swasta, konsultan penilai aset, konsultan lingkungan, dosen muda dan mahasiswa pascasarjana. Jumlah peserta yang diikutkan dalam pelatihan ini maksimal 25 orang dan akan diselenggakaran pada tanggal 22 – 25 November 2021 secara daring.

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2021 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube