header-int

Pelatihan Pengelolaan Biodiversity Ke-2 untuk PGN

Jumat, 08 Nov 2019, 09:03:51 WIB - 18 View
Share
Pelatihan Pengelolaan Biodiversity Ke-2 untuk PGN

PKSPL-IPB, pada hari Selasa dan Rabu, 5-6 November 2019 di kantor PKSPL-IPB telah diadakan kembali kegiatan “Pelatihan Pengelolaan Biodiversity”, pelatihan pengelolaan biodiversity ini merupakan kegiatan pelatihan yang ke-2, yang dilaksanakan atas kerjasama antara PT PGN (Persero) Tbk dan PKSPL LPPM-IPB. Sama seperti pelatihan pengelolaan biodiversity yang pertama, jumlah peserta pelatihan sebanyak 3 orang, yang semuanya berasal dari PT PGN (Persero) Tbk.

Tim pengajar pelatihan ini terdiri dari 2 orang ahli dan dibantu oleh 3 orang asisten, untuk 2 orang ahli tersebut adalah Andy Afandy, MMA dan Dr. Dadan Mulyana, sedangkan 3 orang asisten yakni M. Setriadi, S.Hut., Budi Prabowo, S.Ik., dan Kamsari, S.Kom.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan pengelolaan biodiversity adalah:

  1. Pengantar biodiversity, yang mencakup definisi, gambaran umum, pemanfaatan dan pengelolaannya.
  2. Biodiversity dan Pengelolaan Ekosistem Hutan (BPEH) (Flora & Fauna):
    • Pengantar BPEH
    • Ekosistem BPEH
    • Pengumpulan Data BPEH
    • Teknik Pengukuran & Analisis BPEH
    • Pengelolaan BPEH Terpadu
  3. Konservasi Ekosistem: Definisi, Regulasi dan Upaya Pelaksanaannya.
  4. Teori dan Praktik Pemetaan Biodiversity dengan Menggunakan Drone.

Materi tersebut disampaikan dalam bentuk teori dan praktik lapangan, bentuk teori disampaikan di dalam ruang rapat PKSPL LPPM-IPB “Ruang Abubakar Umbari”, sedangkan praktik lapangan di lakukan di halaman depan gedung IPB University kampus Baranangsiang (untuk praktik pemetaan biodiversity penggunaan Drone) dan di dalam Kebun Raya Bogor (untuk pengenalan ekosistem hutan dan satwa, praktek pengumpulan data flora dengan cara membuat ploting, mengukur ketinggian (haga), diameter, tutupan dan lain sebagainya, sedangkan untuk satwa (fauna) dengan melakukan pengamatan dengan pemakaian binokuler dan kamera.

Pelatihan Pengelolaan Biodiversity yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya bagi peserta pelatihan pengelolaan biodiversity dan yang terpenting adalah bagi perusahaan (PT PGN (Persero) Tbk) dimana mereka bekerja, dimana materi yang didapat dalam pelatihan biodiversity tersebut dapat diimplemenntasikan di dalam perusahaannya . (Humas PKSPL LPPM-IPB).

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2019 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube