header-int

Papua Barat Terima SIMONA dari PKSPL IPB

Kamis, 24 Mar 2022, 11:39:57 WIB - 117 View
Share
Papua Barat Terima SIMONA dari PKSPL IPB

Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKSPL LPPM) IPB University terus membuat terobosan. Beberapa hari lalu, di Manokwari – Papua Barat, PKSPL IPB menyerahkan perangkat pendukung sistem SIMONA kepada Pemprov Papua Barat.

Seperangkat komputer beserta sistemnya itu diterima oleh pihak  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Papua Barat sebagai super admin. Hadir dalam penyeahan itu Kepala  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat, dan juga dikuti oleh dan Kabid Pengelolaan Ruang Laut beserta Kasie Pengawasan. Sebelumnya, pihak DKP Provinsi Papua Barat sudah mendapatkan pelatihan pada akhir tahun 2021 yang lalu.

Seperti diketahui, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) yang merupakan hibah dari World Bank melalui Dana Perwakilan Perubahan Iklim Indonesia (Indonesia Climate Change Trust Fund) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS.

Tetap Bersinergi

Bappeda dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Infrasturktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Provinsi Papua Barat, Markus Sraun, SE.,M.Si, menyambut baik kedatangan pihak  Bappenas yang diwakili oleh Fungsional Utama, Ir. Tommy Hermawan, MA , ICCTF – Budi Parasetyo dan PKSPL IPB  yang diwakli oleh Deputy Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Andy Afandy, MM dan juga dihadiri oleh Direktur Proyek Desain Pengelolaan Pesisir Terpadu dalam mendukung Percepatan Implementasi RZWP – 3 – K Provinsi Papua Barat  Dr. Fery Kurniawan, Manager Program – Akhmad Solihin, dan Knowledge Management Manager – Isdahartati, M.Si, serta Tim Humas PKSPL IPB.

Dalam sambutannya, Markus menyampaikan bahwa Pempov Papua Barat sangat bahagia dan mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan oleh PKSPL IPB dalam Proyek paket 4 ini. “Bappeda akan selalu mendukung kegiatan yang sudah dilaksakan ini. Semoga walaupun setelah kegiatan ini selesai PKSPL IPB tetap bisa mendapingi Pemerintah Papua,” ucap Markus.

Sementara Andy Afandy, MM  menyampaikan, bahwa PKSPL IPB akan selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat walaupun Program Paket 4 akan segera berakhir. Dalam sambutannya dikatakan, bila ada kendala dalam mengoprasikan system SIMONA, PKSL IPB akan membantu menyelesaikan dan PEMDA Provinsi Papua Barat. “Jangan segan untuk berkoordinasi dan berdiskusi dengan PKSPL IPB,” ucap Andy.

Memudahkan Pengawasan

SIMONA adalah akronim dari ‘Sistem Monitoring Nusantara’. Sistem ini dirancang untuk memudahkan pengawasan laut Indonesia yang sangat luas.

Selama ini, tata ruang nasional (khususnya pesisir dan laut) sering tidak sesuai, sehingga tak jarang muncul konflik, karena secara faktual ruang tersebut sudah termanfaatkan oleh fihak lain, baik secara legal dan ilegal.

“Konflik itu akan berkembang, sehingga pengawasan sangat perlu dijaga.  Dengan SIMONA diharapkan dapat memudahkan kerja PKSMAWAS DKP,” ucap Andy Afandi.

Sementara menurut Tommy, dengan adanya integrasi dengan RTRW, Bappenas berharap PKSPL akan mengembangkan fitur-fiturnya, karena selain tata ruang lautnya juga bisa menatau tata ruang nasional dan RTRW, sehingga memudahkan dalam perencanaan, darat dan lautnya..

Pada kesempatan itu,, Dr. Fery Kurniawan, selaku Direktur Proyek Paket 4, menyampaikan bahwa SIMONA ini adalah salah-satu output dalam Program Desain Pengelolaan Pesisir Terpadu untuk mendukung Percepatan Implementasi RZWP – 3 – K Provinsi Papua Barat. SIMONA ini dirancang untuk memudahkan pemerintah daerah, dalam hal ini DKP Provinsi, melakukan pengawasan.

Dengan adanya SIMONA masyarakatpun bisa melaoporkan melaui sistem aplikasi yang sudah dirancang baik pada saat online maupun ofline (tidak ada signal). “Tetap bisa dilakukan pelaporan dan apabila ketemu signal pesan tersebut akan terkirim otomatis. Lalu admin dan super admin bisa merekap data tersebut dengan baik,” ungkap Fery.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pananda tangan berita acara serah teriama 1 (satu) unit komputer/ PC Lenovo V50-22IMB A1IF All In One sebagai pendukung Sistem Monitoring Berbasis Web dan aplikasi Android dengan nama SIMONA.

***Riz***

Terbit : 24 Maret 2022

Sumber: https://greenindonesia.co/2022/03/papua-barat-terima-simona-dari-pkspl-ipb/

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2022 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube