header-int

Monitoring Evaluasi Kawasan Hutan Mangrove sebagai Buffer Zone di Area Kilang Minyak Pertamina RU II

Kamis, 10 Okt 2019, 14:11:45 WIB - 26 View
Share
Monitoring Evaluasi Kawasan Hutan Mangrove sebagai Buffer Zone di Area Kilang Minyak Pertamina RU II

Pertamina RU II Dumai memiliki komitmen di dalam upaya pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan, utamanya di sekitar kawasan perusahaan (In-situ) maupun di luar perusahaan (Ex-situ). Komitmen perusahaan ini ditunjukkan dengan tetap menjaga area dan kondisi kealamian lingkungan di kawasan-kawasan penyangga dan atau habitat flora dan fauna, salah satunya seperti pelestarian hutan mangrove di dalam kawasan/area produksi perusahaan. Bentuk kepedulian perusahaan dalam upaya pelestarian tersebut adalah dengan menetapkan kawasan tersebut sebagai kawasan program pengelolaan dan pelestarian lingkungan serta melakukan kegiatan identifikasi dan inventarisasi serta memantau/memonitor dan mengevaluasi perkembangan keanekaragaman hayati ekosistem mangrove.

Kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) merupakan kegiatan yang menjadi satu kesatuan di dalam program pengelolaan dan pelestarian keanekaragaman hayati. Monev dilakukan secara berkala untuk memastikan apakah program yang ada mampu mempertahan kondisi yang ada, dan atau bahkan menambah keanekaragaman hayati di kawasan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Hasil dari kegiatan Monev, menjadi bahan evaluasi terhadap capaian program yang sudah dilakukan, baik tingkat efektifitas dan efisiensinya.

Kegiatan Monev merupaan hal yang sangat penting bagi pihak pengelola untuk mengambil keputusan dan menentukan langkah-langkah perbaikan proses atau metode untuk pencapaian hasil yang baik. Kegiatan tersebut juga penting sebagai bahan pertimbangan dalam menghilangkan isu dan kendala-kendala yang dihadapai pengelola dalam menjalani program yang dilakukan.

Klk to download

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2019 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube