header-int

LAUNCHING 5 PROGRAM DAN INOVASI PADA DIES NATALIS PKSPL IPB UNIVERSITY KE-26

Senin, 22 Agu 2022, 21:02:37 WIB - 109 View
Share
LAUNCHING 5 PROGRAM DAN INOVASI PADA DIES NATALIS PKSPL IPB UNIVERSITY KE-26

Senin (22/8) Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) menyelenggarakan Dies Natalis PKSPL IPB University yang ke 26 tahun. Dies Natalis tahun bertema “Membangun Industri Sain Pesisir dan Lautan untuk Indonesia Maju”. Yang diadakan secara offline di gedung EDTC PKSPL IPB di Kampus Baranangsiang dihadiri oleh penasehat Utama PKSPL IPB yaitu Prof Rokhmin Dahuri, Prof Tridoyo Kusumastanto, Prof Ir Luky Adrianto dan Prof Ario Damar. Pada Dies Natalis ke 26 PKSPL LPPM IPB sekaligus melakukan launching 5 Program dan Inovasi meliputi Smart Sea Farming, Environmental Sensitivity Index (ESI Software), Sistem Monitoring Aplikasi (SIMONA) RZWP3K Provinsi Papua Barat, Laboratorium Bioteknologi Kelautan dan PKSPL Scholarship.

Prof Dr. Ir. Rokhmin Dahuri dalam sambutannya berharap kedepan PKSPL IPB mampu menghasilkan profil data, produk unggulan dan menjadi pusat edukasi. “Harapan pertama PKSPL IPB menjadi sumber informasi bagi Presiden, Menteri, Gubernur dan Stakeholder lainnya dalam pengambilan keputusan untuk pembangunan nasional. Kedua adalah menghasilkan produk produk unggulan yang bermitra dengan industri hingga mampu masuk ke pasar ekspor dan yang ketiga adalah edukasi, harus memiliki kemampuan analisis sistem berbasis lingkungan, sosial dan ekologi,” ungkap Rokhmin Dahuri selaku penasehat PKSPL.

Kepala LPPM IPB University, Dr Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr juga turut memberikan apresiasi 26 tahun perjalanan PKSPLIPB. Menurut Dr Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr, PKSPL IPB merupakan salah satu pusat studi yang banyak berkontribusi kepada IPB dengan nilai revenue terbesar diantara semua Pusat Studi. Selain itu PKSPL IPB juga banyak berkontribusi dalam penerbitan jurnal ilmiah terindeks scopus. “Alhamdulillah hari ini bisa menghadiri launching program inovasi PKSPL. Kita ada 24 pusat studi di IPB dan kami sangat bangga pada PKSPL karena kontribusinya sangat besar. Pusat studi secara de facto memiliki kontribusi dalam hal pendidikan dengan melibatkan mahasiswa. Dua tahun terakhir ini kami mencoba mengintegrasikan pusat studi dengan aktivitas mahasiswa pasca. PKSPL merupakan satu satu pusat studi yang memberikan beasiswa untuk mahasiswa pascasarjana hal ini merupakan kontribusi besar. PKSPL IPB juga merupakan pusat studi yang banyak melakukan konversi kegiatan ke dalam jurnal ilmiah terindeks scopus kalau tidak salah dalam satu tahun kurang lebih ada 50 jurnal ilmiah,” Ungkap Ernan Rustiadi.

Sebagai Wakil Rektor IPB University Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni Prof Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F mendorong PKSPL IPB University untuk memiliki sistem informasi terkait kondisi sumberdaya pesisir dan laut. Prof Dodik Ridho Nurrochmat juga mengapresiasi program fellowship PKSPL yang saat ini sedang berjalan dan akan mendorong riset fellowship dari luar neger.

“Selamat atas launching karya unggulan oleh PKSPL, kedepan kita dorong riset fellowship dari luar negeri untuk melakukan penelitian di Indonesia. Saya yakin dengan keunggulan kita sebagai tempat biodeversitas laut dan keunikan negara kita akan bisa mengundang peneliti-peneliti dari luar negeri. Masih menurut Prof. Dodik : karena saya adalah peneliti sosial, harapananya kedepan mungkin PKSPL punya sistem informasi yang mengaitkan kondisi sosial seperti prediksi kerusakan terumbu karang dengan perilaku masyarakat pesisir. Dengan melibatkan variabel sosial ekonomi misalnya kita bisa memprediksi kerusakan ekosistem 5 tahun sebelumnya saya kira,” harap Dodik.

Acara Dies Natalis PKSPL IPB University dihadiri oleh Wakil Rektor IPB University Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni Prof Dodik Ridho Nurrochmad mewakili Rektor IPB University, Kepala LPPM IPB University Dr. Ir.Ernan Rustiadi , M.Agr., Wakil Kepala LPPM Bidang Pengabdian Masyarakat yaitu Dr Sofyan Sjaf, S.Pt., M.Si., Prof. Dr. Ir. Faiz Syuaeb, Direktur Seameo Biotrop Dr. Zulhamsyah Imran, Dekan Pascasarjana IPB Prof. Dr. Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Eng, dan para undangan civitas akademik IPB University.

Keyword: PKSPL IPB, inovasi, bioteknologi, seafarming, ESI, Scholarship

Prof. Rokhmin DahuriDr. Ernan RustiadiProf. Dodik Ridho Nurrochmad

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2022 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube