header-int

Kebijakan dan Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Perikanan Indonesia

Sabtu, 04 Nov 2017, 11:32:06 WIB - 27 View
Share
Kebijakan dan Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Perikanan Indonesia

Perikanan merupakan sektor yang dapat menyediakan sumber pangan khususnya protein yang relatif lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia, namun demikian ketersediaan dan tingkat konsumsinya berkembang lambat. Ekspor produk perikanan Indonesia memberikan kontribusi yang penting bagi penerimaan devisa serta mendorong peningkatan pendapatan nelayan, pembudidaya ikan maupun, perusahaan perikanan.

Pembangunan perikanan Indonesia menghadapi tatangan besar dari berbagai aspek dari aspek sumberdaya nampak adanya kecenderungan penurunan sumberdaya perikanan tangkap sementara pengembangan sumberdaya perikanan budidaya belum berkembang dengan baik, sehingga peningkatan produksi perikanan berjalan lambat. Sementara itu, pengembangan produk perikanan yang dapat memberikan nilai tambah terkendala dengan kemampuan aplikasi teknologi dan standardisasi kurang dikembangkan secara konsisten.

Berbagai ketentuan internasional dalam pengelolaan sumberdaya perikanan maupun perdagangan produk perikanan internasional telah ditetapkan sehingga Indonesia perlu menyikapi secara cermat perubahan lingkungan eksternal tersebut dan mengambil tindakan nyata yang dapat mendukung kemampuan perikanan nasional dalam percaturan perdagangan internasional.

Klik to download

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2017 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube