header-int

Grand Launching Lembaga-Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat

Kamis, 15 Mar 2018, 17:30:44 WIB - 158 View
Share
Grand Launching Lembaga-Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat

PKSPL IPB, Pada Tanggal 13-14 Maret 2018 PKSPL-IPB menghadiri kegiatan Grand Launching Lembaga-Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat di Pesantren AN NAWAWI TANARA Serang Banten. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo. Dalam kegiatan tersebut Pengasuh Pondok Pesantren An Nawawi Tanara Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin mengatakan bahwa gerakan pembangunan ekonomi umat nantinya melalui Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN) dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat (LPEU).

KMSN dan LPEU yang diresmikan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo sudah beranggotakan 25 pesantren di seluruh Indonesia dan telah bergerak di sejumlah sektor bisnis, antara lain untuk di sektor ritel KMSN bekerjasama dengan LEU-Mart, di sektor properti bekerjasama dengan REI, di sektor kelautan dan perikanan KMSN bekerjasama dengan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor (PKSPL IPB) untuk pengembangan program Sea Farming baik itu di Kep. Seribu maupun di perairan yang cocok di seluruh Indonesia, di sektor pertanian KMSN bekerjasama dengan Asosiasi Petani Jagung Indonesia (APJI), serta Martha Tilaar.

Ketua Umum KMSN Sholahuddin mengatakan bahwa pesantren yang sudah menjadi anggota KMSN akan menjadi percontohan gerakan pemberdayaan ekonomi umat. Dan juga ke depan KMSN tidak hanya melibatkan 25 pesantren di Indonesia, namun natinya akan mengajak ribuan pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia, pengelola masjid, majelis ta’lim, perguruan tinggi hingga organisasi masyarakat di tingkat desa.

Nantinya pemberdayaan ekonomi umat ini menjadi arus baru ekonomi Indonesia untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia sesuai dengan nilai-nilai yang terkadung dalam Pancasila. ~MQS~

PKSPL-IPB Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat, INDONESIA - 16127;
Phone: (62-251) 8374816, 8374820, 8374839; Facs.: (62-251) 8374726
© 2018 PKSPL-IPB Follow PKSPL-IPB: Facebook Twitter Linked Youtube