Profil

Latar Belakang PKSPL-IPB

Latar Belakang PKSPL-IPB

| Senin, 11 Agustus 2014 - 16:48:58 WIB | dibaca: 4743 pembaca

Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (PKSPL LPPM IPB) sebagai salah satu lembaga pengkajian di bidang pengelolaan wilayah pesisir dan lautan yang pertama di Indonesia, menyeleng-garakan program-program penelitian, pelatihan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka membantu Pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya dalam pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan bangsa secara keseluruhan. Dalam menjalankan program-programnya, PKSPL LPPM IPB senantiasa mencari dan menerapkan pendekatan-pendekatan baru dalam mengelola dan mengembangkan metode pemanfaatan sumberdaya pesisir dan lautan Indonesia.

Keberadaan PKSPL LPPM IPB dengan visi, misi dan tujuannya telah memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan wilayah pesisir dan lautan Indonesia. Kemajuan PKSPL LPPM IPB sudah merupakan komitmen dan tanggung jawab bagi segenap staf PKSPL LPPM IPB melalui usaha-usaha pengembangan dan perbaikan yang kontinyu, mulai dari pengembangan program-program penelitian dan pelatihan, pengembangan kerja sama pengelolaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia (SDM), pelayanan kepada masyarakat serta disseminasi, publikasi dan promosi. Sumberdaya pesisir dan lautan merupakan kekayaan alam yang sangat bernilai yang harus dikelola dengan pendekatan pembangunan yang berkelanjutan.

TANTANGAN

Untuk mendapatkan model pembangunan sumberdaya pesisir dan lautan secara optimal dan berkelanjutan, diperlukan pengelolaan atau pengaturan yang memenuhi azas-azas tersebut di muka dalam pemanfaatan sumberdaya yang tersedia. Hal ini akan melibatkan berbagai lembaga yang terkait dengan aspek-aspek pembangunan wilayah pesisir dan lautan.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, maka pengelolaan wilayah pesisir dan lautan secara terpadu merupakan kebutuhan yang sangat mendesak agar ekosistem wilayah ini dapat terjaga dengan baik. Sebagai layaknya sebuah paradigma baru, maka penguasaan terhadap ilmu pengelolaan wilayah pesisir dan lautan ini menjadi penting bagi segenap pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, khususnya di Indonesia. Oleh karena itu pengembangan ilmu ini harus ditindaklanjuti dengan penyediaan perangkat lunak maupun keras, seperti perlunya sebuah Pusat Kajian yang memang spesifik di bidang pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan.

Lahirnya PKSPL ternyata sejalan dengan keinginan Pemerintah untuk menjadikan subsektor perikanan terpisah dari sektor pertanian. Hal ini dibuktikan dengan dibentuknya Departemen Eksplorasi Kelautan (Sekarang Kementerian Kelautan dan Perikanan) pada Kabinet Persatuan Nasional dimasa Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 1999-2001.

Sepuluh tahun sudah sektor kelautan dan perikanan berdiri sendiri dalam struktur Pemerintahan Indonesia. Sudah banyak hasil yang diperoleh dari sektor ini, namun lebih banyak lagi tantangan yang harus dihadapi oleh semua stakeholders kelautan dan perikanan.

Untuk menjadikan sektor ini sebagai program andalan Pemerintah dan Rakyat Indonesia dalam kemandirian ekonomi sekaligus mengembalikan status Indonesia sebagai pemilik mega biodiversitas sumberdaya kelautan dan perikanan.

Tantangan demi tantangan muncul dalam pengelolaan sektor kelautan dan perikanan ini. Sebagian tantangan dapat diselesaikan dengan baik, sebagian lagi memerlukan upaya dan kemampuan yang lebih besar untuk memecahkannya. Disinilah PKSPL LPPM IPB selalu siap untuk meyumbangkan kemampuan dirinya dalam menjawab setiap tantangan tersebut dengan solusi yang optimal, baik bagi masyarakat pesisir, Pemerintah maupun lingkungannya. Peran PKSPL LPPM IPB selalu signifikan dalam membangun sektor kelautan dan perikanan.

IDENTITAS

Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (PKSPL LPPM IPB).

Kampus IPB Baranangsiang
Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor 16127
Telepon : (0251) 8374816, 8374820, 8374839
Facsimile : (0251) 8374726
e-mail : pksplipb@indo.net.id
http://www.pksplipb.or.id

KOMPETENSI

  • Kompetensi dalam pengelolaan wilayah pesisir dan lautan bagi pengembangan berkelenjutan, termasuk:
  1. Teknologi eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya pesisir dan lautan
  2. Pengelolaan keanekaragaman hayati wilayah pesisir dan lautan
  3. Analisis pengembangan marikultur dan wilayah pesisir
  4. Pengembangan da penelitian bioteknologi kelautan
  5. Perencanaan dan implementasi co-management sumberdaya perikanan
  6. Rencana spasial wilayah pesisir dan lautan
  7. Analisis kebijakan, kelembagaan dan ekonomi untuk pengembangan daerah pesisir dan lautan
  8. Analisis spasial, pemetaan dan zonasi wilayah pesisir dan lautan
  9. Analisis sistem informasi kelautan
  10. Valuasi sumberdaya wilayah pesisir dan lautan
  11. Fasilitasi dan pemberdayaan masyarakat wilayah pesisir
  12. Analisis dampak lingkungan dan analisis risiko
  • Sumberdaya wilayah pesisir dan lautan berbasis pengembangan teknologi untuk pemanfataan optimal bagi ekosistem dan manusia
  • Perencanaan pengembangan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan, termasuk strategi investasi yang optimal, pelaksanaan dan fasilitasi bisnis berdasarkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan
  • Strategi pengembangan wilayah pesisir untuk wilayah kabupaten/kota, provinsi dan regional
  • Analisis kebijakan untuk pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan di tingkat lokal, nasional dan antar daerah










    Komentar Via Website : 3
    Teripang Emas untuk Radang Sendi
    03 Mei 2016 - 15:50:18 WIB
    Selamat ciaang mimin :D Webnya menarik dan update terus. Terimakasih. Dibawah 18 tahun BOLEH DEH KLIK >> http://bit.ly/teripanguntukradangsendi
    AwalKembali 1 LanjutAkhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)