Pesisir dan Laut

Perikanan dan Kelautan

JAKARTA UTARA Revitalisasi Pasar Ikan Dijadwalkan Juni

Kamsari Saleh | Minggu, 08 Mei 2016 - 22:04:57 WIB | dibaca: 2830 pembaca

DUA minggu seusai penggusuran permukiman dan bangunan di kawasan Pasar Ikan, hingga kini belum ada kegiatan berarti di sana. Penggusuran dengan tujuan revitalisasi kawasan Pasar Ikan itu terkendala proses tender material yang belum rampung.

“Mungkin Juni. Sementara menunggu proses lelang materialnya, kita mulai perapihan di area. Kami sudah mulai jalan karena alat-alat berat kita masih di sana,” ungkap Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, kepada Media Indonesia, kemarin.

Lambatnya pengerjaan proyek di sana, ungkap Teguh, tidak disebabkan tenda dan rumah ibadah yang kembali dibangun masyarakat. Itu disebabkan proses tender material yang belum rampung.  

Dikabarkan, proyek yang termasuk program nasional itu tertuang dalam Keputusan Presiden 1995. Namun, setelah kawasan Pasar Ikan digusur, tender material belum kelar.  

Ia menjelaskan, pihaknya mendapat tiga proyek yang akan dibangun di sana, yakni pengerukan di zona tiga teluk Pasar Ikan, pembangunan sedangkan aliran tengah Rp50 miliar untuk panjang 1,8 km dan aliran timur Rp177 miliar untuk panjang 1,2 km.

Pengawasan lemah Untuk proyek pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan itu, Teguh mengakui ada pembiaran dari Pemprov DKI. Akibatnya, masyarakat kembali mendirikan bangunan di lokasi semula.  

“Ya harus ditertibkan lagi.Dari pemda itu ada semacam pembiaran karena di sana gak cuma Dinas Tata Air, tapi juga Dinas Pertamanan, UMKM, Dinas Pariwisata dan Kebu dayaan, Energi, dan lainnya,” tegasnya.  

Dari pantauan di lapangan, terlihat tiga buah tenda berukuran sekitar 14 meter x 6 meter, musala semipermanen, toilet dan dapur umum dari tripleks, warung-warung makanan, serta belasan bangunan semipermanen lain.  Koordinator warga korban penggusuran Pasar Ikan, Upi Yunita, menegaskan warga akan tetap bertahan di kawasan itu karena memiliki dokumen/sertifikat kepemilikan bangunan yang telah diratakan pemerintah DKI Jakarta.

Sumber: Kompas, Sabtu, 7 Mei 2016

Link: http://pmlseaepaper.pressmart.com/mediaindonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2016/05/07/ArticleHtmls/JAKARTA-UTARA-Revitalisasi-Pasar-Ikan-Dijadwalkan-Juni-07052016005021.shtml?Mode=1 










Komentar Via Website : 1
Angga
08 Maret 2017 - 21:08:46 WIB
Webnya cukup bagus.
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)